Sabtu, 09 Februari 2013

Komputer Generasi Pertama Sejarah Penemu Ciri-ciri Komputer

Komputer Generasi Pertama merupakan sejarah awal keberadaan komputer pada saat sekarang ini dengan perkembangannya yang sangat pesat menjadi teknologi yang paling sangat membantu berbagai aktivitas manusia dalam meningkatkan berbagai produktivitas dalam setiap segi kehidupan. Artikel komputer generasi pertama yang akan weblog jelaskan secara detail dari awal peristiwa dengan berbagai rangkaiannya disertai ciri-ciri komputer generasi pertama dan juga dilengkapi dengan gambar komputer generasi pertama.
Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya memahami definisi dari komputer secara baik yaitu sekumpulan alat elektronik disebut sebagai perangkat keras komputer yang bekerja sama dan terkoordinasi dibawah kontrol program yang memiliki berbagai kemampuan dan memiliki banyak fungsi. Penjelasan lebih lanjut telah dibahas pada artikel pengertian komputer menurut para ahli di dunia dengan awal mula ditujukan untuk orang namun kemudian berubah ditujukan untuk sekumpulan alat yang disebut komputer.
Generasi Komputer pertama kalinya di picu karena adanya perang dunia kedua, dimana pada perang dunia ke 2 membuat negara-negara yang terlibat untuk membuat sebuah alat yang pada awalnya digunakan untuk mendukung dalam perang tersebut dengan sebuah terobosan teknologi. Maka pada saat itu berbagai upaya dalam mengembangkan komputer sebagai bentuk eksploitasi potensi strategi yang dimiliki oleh komputer, hal tersebut kemudian berbagai pendanaan dalam pengembangan komputer sehingga kemajuan perkembangan teknik komputer semakin cepat.
Perang Dunia Kedua berlangsung pada tahun 1939-1945 yang merupakan perang antara Pihak Sekutu dengan Pihak Axis. Pihak Sekutu yaitu Perancis, Britania Raya (Inggris), Polandia, Uni Soviet, Amerika Serikat dan Republik Cina. Pihak Axis diantaranya adalah Nazi Jerman, Slowakia, Italia, Jepang, Hungaria, Rumania, Finlandia, Irak, Thailand, Uni Soviet (1939-1941) dan pada tahun 1941-1945 Uni Soviet berpihak pada Sekutu.
Pada saat itu banyak orang yang berperan dalam perkembangan komputer, tahun 1941 seorang insinyur Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun komputer dengan nama Z3 yang tujuannya untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali jarak jauh.
Komputer Generasi Pertama Z3
Pada tahun 1943 negara Inggris juga telah selesai membuat komputer untuk memecah kode rahasia yang diberi nama Colossus yang bertujuan sebagai pemecah kode rahasia yang dipakai oleh negara Jerman sebagai pihak lawan. Colossus bukan sebuah komputer yang multi guna karena fungsinya yang hanya sebagai pemecah kode selain itu juga karena kerahasiaan komputer tersebut.
Komputer Generasi Pertama Colossus
Amerika Serikat melalui seorang insinyur Harvard bernama Howard H. Aiken bekerja dengan IBM berhasil memproduksi Kalkulator Elektronik yang diberinama Mark I dengan ukuran yang sangat besar yang digunakan untuk menggerakkan komponen mekanik dengan sinyal elektromagnetik.
Komputer Generasi Pertama Mark I
Pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan University of Pennsylvania kemudian mengembangkan komputer diberinama Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan Komputer Mark I. ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum 70.000 resistor dan 5 juta titik solder dan sebagai perancangnya adalah John Presper Eckert dan John W. Mauchly.
Komputer Generasi Pertama ENIAC
Pertengahan tahun 1940 John Von Neumann yang bergabung dengan University of Pennsylvania, dan di tahun 1945 berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yaitu sebuah memori yang bisa menampung data dan program. Arsitektur Von Neuman kunci utamanya yaitu Central Processing Unit (CPU) yang memungkinkan fungsi dari komputer dapat dikoordinasikan melalui satu sumber.
Komputer Generasi Pertama EDVAC
Perkembangan Komputer berlanjut dengan pemanfaatan arsitektur Von Neumann dibuat oleh Remington Rand pada tahun 1951 yang diberi nama UNIVAC I (Universal Automatic Computer I). Komputer UNIVAC I untuk pertama kalinya digunakan pada tahun 1951 dalam keperluan kalkulasi untuk sensus di Amerika Serikat.
Komputer Generasi Pertama UNIVAC I
Di bawah ini di rangkum beberapa Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama diantaranya adalah sebagai berikut ini :
  1. Komputer memiliki program kode biner yang berbeda
  2. Komputer menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memproses dan menyimpan data
  3. Penggunaan tabung vakum menjadikan komputer berukuran sangat besar
  4. Tabung vakum sangat cepat panas sehingga akan mudah terbakar
  5. Komputer belum dapat memproses hal yang sulit dan rumit
  6. Komputer generasi pertama sulit diprogram dan kecepatannya sangat terbatas sekali
Komputer generasi pertama mengawali perkembangan komputer sampai pada saat sekarang ini dengan berbagai kemajuan yang ada digunakan untuk berbagai keperluan untuk membantu berbagai aktivitas manusia. Pada saat ini komputer bukan saja berdiri sendiri, dengan perkembangan berbagai teknologi melalui topologi jaringan membentuk suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.
Pada saat ini yang akan memasuki tahun kalender 2013 pastinya keseharian aktivitas tidak terlepas dengan dunia online baik untuk komunikasi, akses informasi, bertukar data atau untuk chating dengan teman dan mendapatkan berbagai hiburan lainnya. Dunia online menjelaskan secara singkat mengenai pengertian internet dimana sebenarnya merupakan jaringan komputer secara global di dunia yang saling terhubung, yang tentunya semua itu berawal dari adanya komputer generasi pertama yang kemudian terus berkembang sampai pada titik teknologi yang sangat maju seperti sekarang ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2012. KUMPULAN ARTIKEL - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger